morning cycling

Senin, 07 Februari 2011

Bagaimana Cara Install Windows XP pada HP Compaq CQ40

11

Beberapa hari yang lalu temen saya bercerita bahwa ia sekarang sedang mengalami kebingungan karena laptop baru yang dibelinya rusak. dia bercerita kalo setiap akan diinstal Windows XP selalu muncul blue screen dan peringatan memory dumb. Langsung di state kalo laptop yang dibelinya rusak..:))

Laptop yang baru dibelinya support Vista dan Win 7. Sedangkan di tempat kerjanya semua program pendukung yang dipakai bekerja hanya mendukung windows XP, sementara semua produk laptop baru hanya support untuk Vista dan windows 7.

Langsung dia tanya daerah semarang, katanya dia mau ke semarang (dia tinggal di pekalongan), mau komplain masalah notebook barunya, yang katanya lagi ni…Notebooknya rusak. Jadi dia mau komplain ke HP centre di kota semarang. Aq tanya lagi notebook apa, seri berapa? Ternyata notebook HP Compaq CQ40-108TU. Yeah pantes…. Batinku…. ( Adik ku juga pake notebook seri tersebut )

Tux diketahui aja produk notebook ini, terutama produk2 note book baru, recomended tux Vista, ni salah satu strategi juga tux meningkatkan penggunaan Vista. Notebook2 baru ini menggunakan sistem setting hardisk SATA AHCI, Sehingga tidak bisa di Install Windows XP ( Karena XP tidak mengenal AHCI ).

So, bagaimana install Windows XP ?¿?

Tux membuat notebook ini bisa di install pake operating system windows XP tidak bisa begitu saja main install. Sebenernya ada 2 cara (mungkin ada yang lain?), pertama dengan update BIOS-nya, tapi ini kalau gak hati-hati resikonya bisa mati total and gak mau kebuka lagi. Cara kedua dengan mengintegrasikan master XP with SATA AHCI nya menggunakan NLITE. Jadi mendingan pake cara yang kedua aj ya…

Ni dia cara2nya


Peralatan yang dibutuhkan untuk mengintegrasikan SATA AHCI nya itu antara lain:

  1. Net framework
  2. NLITE
  3. Sata AHCI CQ40-108TU,


Kalo dah ada semua mulai buat CD Installer XP yang dah include driver SATA AHCI ( tentunya di komputer lain dulu )

1. Instal dulu Net framework kemudian NLITE nya.
2. Buka NLITE lalu pilih NEXT.

21

3. Klik BROWSE dan arahkan dimana master XP kamu simpan (bisa langsung dari CD Installer XP original ato copyan nya di hardisk) à Original ya…Ntar di kirain ngajarin mbajak lagi …:D
4. NEXT.

3

5. Disini kita hanya ingin mengintegrasikan SATA AHCI, jadi untuk tahap yang ini langsung di NEXT kan aja.

4

6. Setelah itu ada pilihan pengintegrasian. Karena kita hanya mau mengintegrasikan Sata AHCI nya jadi pilih saja “DRIVERS”,

kalau mau membuat XP kamu menjadi SP3 yang awalnya SP1/2 tinggal pilih saja “Service Pack”. Dan tux membuatnya menjadi sebuah CD yang bootable tinggal di tambah saja di “Bootable ISO”, ntar dia akan membuat sebuah file ISO yang bisa langsung diburning ke CD. Setelah milih model pengintegrasian, dilanjut dengan klik NEXT.

5

7. Karena kita hanya pengen SATA AHCI nya aja jadi sekarang klik “INSERT”, lalu pilih “Multiple Driver Folder” dan kemudian pilih folder (extrak dulu kalo masih .Zip ) dimana kamu meletakkan file SATA AHCI nya. Pilih drivernya (f6flpy32_85) klik “OK” pilih “OK” lagi. Nah! disini kamu harus pilih MODE yang “TEXTMODE DRIVER” dan kemudian pilih aja semua drivernya dan klik “OK”. Lalu NEXT.

6

8. Disini kamu pilih YES aja, tar proses pengintegrasian dimulai. Setelah selesai kamu klik NEXT.

7

9. Nah ntar ada pilihan burning, terserah mau burning langsung ke CD (Direct Burn)ato mau jadiin, file ISO (Make ISO) , tinggal pilih aj..

8

10.Semua proses NLITE sudah selesai, tinggal klik “FINISH” aja.

11. Kalo jadiin ISO tinggal burn ke CD pake NERO/ program burning yang lain

12. Kalo dah jadi CD, pake aja langsung buat nginstall XP kaya biasanya.

-------
Oh iya, untuk driver HP Compaq CQ40-108TU disini ni :

01. Intel Chipset drivers – Intel INF driver (2MB)

02. Intel Matrix Storage Manager - Intel MSM (21 MB)

03. Intel SATA driver – driver for SATA (3.3MB)

04. VGA/Display – video driver (19 MB)

05. Intel LAN Driver -Ethernet driver (4.5 MB)

06. Audio/Sound – download CQ40-108TU audio driver (18 MB)

07. Modem – sp33839_Modem with SmartCP.exe(6MB)

08. Wireless – Wireless_driver (29.4 MB)

09. Webcam – sp35414_HP 1.3MP Webcam Software Drivers.exe (5MB)

10. Dotnetfx2.0 – dotnetfx_2.0.exe (22MB)

11. Touchpad – Synaptics Touchpad.exe (6MB)

12. Quick launch – Quick launch buttons.exe (14MB)

13. Card Reader – driver for card-reader (3.3 MB)

14. Bluetooth – driver for bluetooth (98 MB)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar